Thursday 27 August 2015

,

TINGKAT 1 S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI TELKOM UNIVERSITY


Hai good people, kali ini aku mau berbagi nih tetang pengalamamku selama satu tahun di jurusan Teknik Telekomunikasi Telkom University. Seperti ceritaku sebelumnya, aku bisa dibilang “tersesat di jalan yang benar” masuk di universitas ini di prodi S1 TT ini. Namun saya sangat yakin ini adalah jalan terbaik dari Allah yang telah diberikan kepadaku, jawaban dari semua doaku dan orang tuaku selama ini. I just believe it.
Bagaimana sih mata kulish di tingkat satu itu? Susah gak ya?
Di tingkat pertama jurusan Teknik Telekomunikasi ini yang di pelajari kurang lebih tidak jauh beda dengan apa yang dipelajari di SMA namun ada beberapa mata kuliah baru yang dipelajiri di semester 2 seperti Algoritma dan Pemrograman dan matematika diskrit (jika memilih skema 3,5 tahun). Berikut ini adalah mata kuliah yang ada di tingkat pertama jurusan Teknik Telekomunikasi Telkom University.

SEMESTER 1                        
NO
MATA KULIAH
SKS
1.
KALKULUS 1
4
2.
FISIKA 1
3
3.
KIMIA
3
4.
B. INDONESIA
2
5.
B. INGGRIS 1
2
6.
PENGENALAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
3
7.
PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1
1

SEMESTER 2
NO
MATA KULIAH
SKS
1.
KALKULUS 2
4
2.
FISIKA 2
3
3.
B. INGGRIS 2
2
4.
PENDIDIKAN AGAMA DAN ETIKA
2
5.
ALGORITMA DAM PEMROGRAMAN
3
6.
PENGETAHUAN LINGKUNGAN
2
7.
KONSEP PERKEMBANAN SAINS DAN TEKNOLOGI
2
8.
PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER
1
9.
PREKTIKUM FISIKA DASAR 2
1
NB : Kalau mengikuti skema 3,5 tahun bisa mengambil mata kuliah tingkat 2 yaitu MATEMATIKA DISKRIT 3 sks dengan syaran IPK yang dientukan, kalau tahun kemarin, minimal IPK harus diatas 3.5 kalau ingin mengambil skema 3,5 tahun.
Mata kuliah yang paling mengesalkan bagiku adalah praktikum khususnya praktikum fisika dasar. Tugas yang diberikan banyak banget dan pasti ada tiap minggunya. Peraturan lab yang ketat, dan harus membuat jurnal dan presentasi tiap 2 minggu sekali. 

Di Semester kedua nanti ada  mata kuliah agama. Dalam mata kuliah tersebut khususnya yang agama islam  ada yang namanya mentoring. Mentoring itu seperti belajar berkelompok 10 orang atau lebih yang dibimbing oleh senior tingkat dua dan tiga. Mentoring dilakukan seminggu sekali sebanyak 6-7 pertemuan. mentoring mempunyai bobot 20 persen dari total penilaian mata kuliah agama islam, jadi harus rajin-rajin datang. 

Di tingkat pertama ini, usahakan jangan sampai mengulang mata kuliah, karena jika diawal kalian sudah banyak yang mengulang kedepannya nanti akan sulit mengejar IPK lupakan yang baik dan sebagai syarat mengikuti GELADI ( praktek kerja pertama di tingkat 2) haru lulu dulu di tingkat pertama.
Sedikit tips dari saya.
1. Ingat-ingat lagi pelajaran waktu SMA, karena tingkat pertama ini tidak jauh berbeda dengan pelajaran SMA. 
2. Maksimalkan matakuliah dengan SKS yang banyak, karena akan berpengaruh sekali pada niai akhir IPK nanti. Tapi jangan mengabaikan juga mata kuliah yang SKS nya sedikit.
3. Belajarlah berkelompok dan jangan segan untuk bertanya, karena dengan sharing pelajaran kita bisa tahu apa yang kurang dari kita.
4. Selalu mengerjakan tugas, karena itu akan menolongmu jika nilaimu kurang baik.
5. Selalu berdoa dan berusaha.

Tips tambahan nih diluar perkuliaahan yang sangat penting juga bagi mahasiswa yaitu keaktifan berorganisasi dan TAK(Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan). TAK menjadi syarat sidang tingkat akhir nanti, kalau tidak tepenuhi tidak bisa ikut sidang. Untuk S1 jumlah TAK yang harus dipenuhi yaitu 60 poin. Berikut tipsnya :
1. Bagi mahasiswa baru, banyak sekali kegiatan yang dapat meningkatkan softskill diantarannya kegiatan yang dilakukan oleh CDC(Carrier Develovment Center) Telkom University. CDC sering kali mengajakan kegiatan pelatihan softskill khususnya untuk mahasiswa baru. Dan enaknya lagi dapet TAK dan Snack gratis.
2. Ikuti juga seminar-seminar yang berbayar maupun gratis yang banyak diadakan di Telkom university ini. Selalu Update di media social tentang informasi-informasi tersebut.
3. Ikuti Organisasi sesuai minat dan bakat kamu. Dengan mengikuti organisasi kehidupanmu di kampus menjadi lebih berwarna tidak sekedar kuliah saja. Kamu juga ebih mendapat banyak pegalaman dan relasi di kamus ini.

Sekian sharing pengalaman dan sedikit tipsnya dari aku. Semoga bermafaat ya. Jangan menyesal dan merendahkan diri sendiri karena masuk ke kampus ini. Ingat bukan seberapa hebatnya dan kampus dimatamu, tapi seberapa hebatnya kamu dimata kampus ini. Dan bukan seberapa bangganya kamu terhadap kampus, tetapi seberapa bangganya kampus terhadapmu.

1 comment:

  1. Mau tanya-tanya dong soal teknik telekomunikasi, lagi bingung nentuin jurusan. Mohon bantuan nya��

    ReplyDelete