Tuesday 26 May 2015

,

ADA CERITA DI ASRAMA TELKOM UNIVERSITY

Wah, gak terasa sudah selesai tingkat pertama di kampus ini , perasaan ane dulu masih MaBa (Mahasiswa Baru), rasanya baru kemarin ane menginjakan kaki di asrama ini, sekarang sudah mau diusir aja, hehe....

Hampir setahun ane tinggal di asrama, kurang lebih 9 bulan ane menikmati asrama ini. kalau yang ane rasain selama ini cukup nyaman dan aman tinggal diasrama Telkom University ini. Kamarnya cukup lah buat dihuni 4 orang. terus yang paling ane suka dari tempat ini adalah WiFi internet gratissss. Kalo mau lebih kenceng lagi bisa bayar Wifi.id yang sebulannya cukup membayar 50 ribu. tapi dijamin kenceng kalo dipake saat tengah malam hingga pagi hari, karena tetangga kamar pada tidur pas jam segitu, jadi kenceng banget kalau pake pas jam- jam segitu :).
Airnya juga bagus dan lancar, walaupun pernah waktu ane tingal disana airnya mati, namun itu hanya beberapa hari karena sedang ada perbaikan instalasi. Kalo buat listrik, sistemnya prabayar pakai token listrik. Dihitung-hitung sebulannya bisa habis 50-100 ribu, kalo dibagi 4 orang penghuni jadi bayarnya cuma 15-25 ribu sebulan, tergantung pemakaian.

Kekurangannya kalau tinggal di asrama yaitu harga makanan di kantin asrama yang agak mahal menurut ane. Mungkin karena mereka juga harus bayar biaya sewa. Kalau mau beli makanan yang murah harus pergi keluar dulu yang lumayan jauh kalau jalan kaki. Tapi tenang pengelola asrama menyediakan sepeda khusus untuk penghuni asrama dan boleh dipinjam sesuka hati. tapi lebih enak lagi kalo bawa motor atau sepeda sendiri biar enak kemana-mana. Jangan khawatir, sudah disediakan lahan parkir yang luas untuk sepeda dan motor yang lumayan luas, jadi kalo mau bawa kendaraan sendiri silahkan saja.

Disana terdapat 8 gedung untuk putra dan 7 gedung untuk putri, Desain banguannya seperti rumah susun yang terdiri dari 4 lantai, setiap lantainya terdapat lobby untuk sekerdar menonton tv dan belajar bersama. Setiap gedungnya ada helpdesk yang menjaga dan siap melayani penghuni asrama.
dan kalau mau keluar kunci kamar tidak boleh dibawa, harus dititipkan ke helpdesk.
Asrama ditutup pukul 11 malam, jadi kalau lebih dari itu kalian bisa masuk lewat jendela, terus ambil kuncinya di satpam karena helpdesknya udah pulang.

Didalam kamar sudah disediakan ranjang dan kasurnya, bentuk ranjangnya tingkat, jadi dikamar terdapat 2 ranjang, lalu disediakan pula meja belajar dan kursinya, dispenser dan kamar mandi di dalam.
Penampakan asrama putri

Penampakan asrama putra



Oh iya nih ada cerita yang gak pantas ditiru. kebetulan ane tuh dapet gedung 7 gudeng paling pojok dan terpencil udah gitu di lantai 4 lagi, kebayang kan gimana rasanya turun naik tangga tiap hari, tapi lama- kelamaan terbiasa. Oh iya balik lagi ke ceritanya, di sebelah gedung ane tuh ada gedung para bule cewe dari luar negeri yang ikut kuliah disini dan ada juga yang ikut program pertukaran pelajar gitu. gak sengaja ane ngeliat dari lantai 4 ada yang lagi mandi di lantai dua gedung sebelah, ane langsung kaget, ternyata tetangga kamar sebelah sudah memperhatikannya dari kemaren langsung ke kamar ane karena view di kamar ane lebih jelas. kalo ane sih gak sengaja langsung buang pandangan dan gak ngeliat ke sana lagi, hehe..

Bagi yang mau masuk Telkom University ane saranin cobain tinggal di asrama selama setahun, selain diwajibkan bagi Mahasiswa Baru, asrama itu cocok banget buat beradaptasi dengan lingkungan di kampus, selain itu dekat juga dengan kampus, jadi bisa bolak-baik ke asrama kalo ada jam kosong, lumayan buat istirahat sebentar. Harga sewa asrama juga sangat murah kok dibanding harga kost-kostan. Ada pula kegiatan-kegiatan seru tiap bulannya, seperti pelatihan softskill, kerohaniaan dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Oh iya sekedar tips buat nambah uang jajan, yaitu dengan berwirausaha kecil-kecilan. Biasanya anak asrama tuh paling butuh yang namanya printer, jadi kalo lu punya printer dirumah, bawa aja dan lu jadiin ladang bisnis, kan lumayan bisa nambah uang jajan.

info lebih lanjut http://telkomuniversity.ac.id/id/campus/dormitory

sekian cerita singkat ini, ane sih cuma mau berbagi pengalaman.
semoga bermanfaat :)




126 comments:

  1. Halo bang, betul gak sih katanya asramanya angker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo meuthia. Santai aja, itu dulu ketika belum ada bangunan baru dan masih menempati bangunan lama. Tapi sekarang gak ada apa-apa kok :)

      Delete
    2. bohong dia, ade dek angker mah

      Delete
  2. Halo abang kece :)mau tanya nih, kalo udah lewat 1 tahun. boleh ga kita nyewa kamar lagi?. aku insyaallah jadi anak DKV tahun 2016-2017 Telkom University. amiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo afifa, bantu jawab ya
      boleh ko kalo nerus :) bahkan kalo mau jd senior residence di asrama kita gausah bayar uang asramanya lagi. gratiss :)

      Delete
    2. Senior residence tugasnya ngapain ka

      Delete
    3. Senior residence tugasnya ngapain ka

      Delete
  3. Halo kak, mau nanya....
    Kalo di asrama tel-U itu wajib laundry apa enggak ya? Atau dikasih kebebasan buat cuci pakaian sendiri?
    Soalnya kata temenku yg mau masuk (sama seperti aku, 2016/2017) , disana gak bisa mencuci pakaian sendiri dan wajib laundry? Benarkah itu kak?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. kak di tel u biasanya masuk sama pulang nya jam berapa? terus dosen sama murid nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling pagi jam 06.30 paling sore jam 18.30 tergantung jadwal yang kamu ambil nanti. klo dosen dan mahasiswanya bervariasi gimana kamu menyesuaikannya saja :)

      Delete
  6. kak mau tanya untuk masalah kendaraan mahasiswa baru boleh bawa kendaraan bermotor ga ya ? kalo boleh ada penitipannya ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh,ada kok tempat parkir untuk kendaraan bermotor untuk di asrama

      Delete
  7. kak mau tanya untuk masalah kendaraan mahasiswa baru boleh bawa kendaraan bermotor ga ya ? kalo boleh ada penitipannya ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, boleh kok ntar dikasih kartu parkirnya, tapi jangan lupa bawa selimut/penutup motornya saolnya kasihan motornya kehujanan sama kepanasan, biar ga cepet rusak

      Delete
  8. bang, mau nanya klo jd maba di telkom ada peraturan khusus gk?
    kaya dilarang cet rambut / pake rok gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau waktu orientasi mahasiswa baru/ospek, ada peraturan seperti itu, tapi setelah itu bebas kok.

      Delete
  9. oh iya bang mau nanya lagi, kalo misalnya rmh gw di bandung tp mau ikut asrama bisa?
    trus bisa pulang kapan aja kan? asal gk bentrok kuliah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun kmarin, diprioritaskan untuk mahasiswa di luar bandung karena keterbatasan kamar.
      bebas, kamu bisa pulang kapan saja.

      Delete
  10. test masuk telkom susah gk bang? gw mau nyoba akuntansi nih.

    tapi gw pen nyoba DKV tp takut ntar lulus gk kepake/susah dpt kerja, iya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak susah-susah amat kok masuknya. kalo masalah jurusan, ikuti saja passion kamu trus dalami lagi skill yang kamu punya selama dikampus, kalau hard skill dan soft skill kuat, kamu akan dicari bukan mencari pekerjaan.

      Delete
  11. hehe maap banyak nanya bang, terakhir nih.

    klo telkom ada organisasi/persekumpulan apa aja? apa sih namanya yg kya ekskul gitu klo sma. lupa nyebutnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di kampus telkom, banyak sekali organisasi mahasiswa(ormawa), unit kegiatan mahasiswa(UKM), himpunan yang bisa kamu ikuti yang internal maupun eksternal kampus. kalau UKM ada yang keagamaan, kebudayaan daerah, kesenian, olahraga, minat dan bakat, dan masih banyak lagi tidak bisa disebutkan satu-satu.

      Delete
  12. Buat MABA wajib ya? Adek saya uda diterima di telkom soalnya. Kalo misalnya gamau uangnya dikembalikan ga ya? Trus denger2 kalo nyari kos2an disana susah ya? Jauh dr kampus katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk maba luar bandung wajib. kalo gak mau bisa dikembalikan uangnya. gak susah kok nyari kostan, yang dekat kampus banyak.

      Delete
  13. Maaf mau tanya, kalo misalnya anak saya di asrama telkom, orang tua boleh menginap di asrama/tdk? Krn ortu dr jakarta. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak boleh, tapi kalo mau menginap disewakan tempat untuk menginap .

      Delete
    2. tempat menginapnya dimana buat ortu

      Delete
  14. Maaf mau tanya, kalo misalnya anak saya di asrama telkom, orang tua boleh menginap di asrama/tdk? Krn ortu dr jakarta. Thanks

    ReplyDelete
  15. Kak, aku kan dari luar bandung.. terus pas registrasi hari pertama barang2 ku ditaruh dimana ya ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu datang langsung dapet kamar dan langsung bisa ditempati kok :)

      Delete
  16. Alhamdulillah...jadi juga ke U Tel...
    Mau numpang tanya, untuk maba apakah diwajibkan memakai seragam? Atau kuliah baju bebas? Terus terang agak malas membawa banyak barang hehehe..... terima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anak teknik biasanya berseragam kemeja putih stiap hari senin sampai rabu. Hari senin sebenarnya juga ada seragam khusus warna merah. selain hari tersebut bebas kok. oh iya hari jumat disarankan pula memakai batik.

      kalo jurusan selain teknik sih bebas setiap hari :)

      Delete
  17. halo kak.mau nanya,kalo buat pembagian kamar itu pihak kampus yg mengacak atau kita bisa memilih teman sendiri yg datang dari satu daerah?thanks^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun-tahun kemarin, pihak kampus yang menentukan. kalau sekarang mungkin masih sama.

      Delete
  18. Kak, aku penanya jauh dari surabaya nih. Kalau misal aku diterima di tel-u. Aku kan pasti kirim motor ke Bandung untuk keperluanku. Di asrama ada tempat naruh motor kak? Kok aku baca, kawasan bebas motor. Lantas motor dikemanain kak?

    ReplyDelete
  19. Ka, klo pas ospek gtu, masih pake baju sma gk si???? Dan klo jurusan design ada ketentuan pake baju apaa gtu gk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya pakai seragam kemeja putih dan celana bahan berwarna gelap untuk semua jurusan sama.

      Delete
  20. Kak mau nanya klo untuk asrama itu biaya nya apa aja yaaa? Kya perbulam brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun lalu 2,5 jt untuk satu tahun, namun untuk tahun ini belum tahu.

      Delete
    2. 2.5 juta untuk setahun kak? bukan 2.5 jt per bulan?

      Delete
  21. Gan mau tanya, untuk di asrama ada dapur sndr apa nggak? Barangkali mau bikin makanan yang praktis dan gaharus beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk peralatan dapur tidak disediakan, hanya ruangan dapur saja yang disediakan disetiap lantai.

      Delete
    2. kompor kudu bawa sendiri ya atau sudah ada?

      Delete
  22. Kak, kalo di asrama dan di kelas itu ada AC nya ga? Trus kalo ga ada AC di asrama suhu ruangannya panas ato adem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruang kelas dan asrama tidak ada AC, namun tidak terlalu panas kok di siang hari, dan tidak terlalu dingin juga dimalam hari. adem-adem aja :)

      Delete
  23. Alhmdulillah tahun ini masuk MBTI Tel-U
    Kak kirakira banyak gak barang yg harus dibawa untuk di asrama? sperti kipasangin? atau di asrama udah lmayan lengkap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di asrama hanya disediakan meja belajar, lemari, kasur beserta bantal dan guling, dispenser dan kamar mandi dalam. kalo kipas angin tidak disediakan.

      Delete
  24. Kak, kita tau nomor kamar asrama nya waktu registrasi online tahap 2 atau 3 ? Atau pas reg on site ??

    ReplyDelete
  25. Kak, kita tau nomor kamar asrama saat registrasi online tahap 2 atau 3 ??

    ReplyDelete
  26. Kak juruaan ilmu komunikasi di telkom gimana ya? Dari segi fasilitas sampe mahasiswa/inya gitu deh, alhamdulillah tahun ini masuk jurusan ikom tapi nyari info tentang ikom di gugel susah. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau banyak, kalo jurusan ikom. tapi lumayan bagus kok fasilitasnya kalo kata anak ikom. atau kalau mau tahu lebih banyak tanya langsung ke line official account @infounivtelkom

      Delete
  27. Kak kan saya dari bekasi. Nah saya mau masuk tel-u tapi gamau masuk asrama soalnya saya akan tinggal dirumah saudara. Kira2 boleh tidak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun sebelumnya boleh, ajukan saja pengunduran dirinya serta alasannya.

      Delete
  28. Kak,aku mau tanya ..
    Kalau biaya asrama sebulan brp ya?
    Terus kalau kuliah setiap hari senin-sabtu atau gak kak?
    Akasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun lalu sekitar 2,5 jt. tapi tahun ini saya belum tahu pasti.
      iya kuliah senin-sabtu

      Delete
    2. Hanya Menambahkan ... untuk masalah kuliah, menyesuaikan SKS dari matkul yang kalian dapatkan ... ada yang hanya samapai Jum'at dan ada juga yang sampai Sabtu. ^^

      Semoga membantu ... terima kasih.

      Delete
  29. mau tany dong kak...kalo saya mahasiswa luar bandung tapi saya gak mau ikut asrama...itu bisa gak ya? soalnya saya punya tempat tinggal di bandung atau istilahnya ada kostan kenala ortu saya...kalo kaya gitu kasusnya boleh gak ngundurin diri dri asrama? bukan dri telkomnya cm gamau iku asrama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahun sebelumnya boleh, ajukan saja pengunduran dirinya serta alasannya.

      Delete
  30. Kak untuk jurusan komunikasi 1 kelasnya ada berapa orang?

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Kak mau tanya nih , alhamdulilah saya masuk tel-u ,saya dari luar wilayah bandung, dan saya pengen tidak ikut asrama, yang saya bingungin kan total biaya registrasi 19.650.000 , pembayaran di anggap lunas jika sudah menyetorkan biaya senilai tsb, nah kalo tidak ikut asrama kan di potong 2,5jt , jadi jumlahnya 17.150.000. itu apakah bisa di nyatakan lunas dan bisa cetak berita acara. dan nama saya di asrama belum terdaftar. trimakasih

    ReplyDelete
  33. Kak Alhamdulillah Saya Tahun 2016 ini masuk Tel-U , yang saya tanyakan bolehkah kalau Maba tahun pertama tidak masuk Asrama ? terus Dana yang sudah disetor buat bayar Asrama apa bisa dikembalikan ? terima Kasih

    ReplyDelete
  34. Kak.., mohon sarannya untuk MABA yang masuk asrama, apa saja yang harus dipersiapkan (dibawa) , he..he maklum baru kali ini jauh dari ortu..., Thanks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ... peralatan2 yang kaya kamu biasanya ...

      Buku, alat mandi, pakaianmu dll ^^

      Delete
  35. kak, kalo niali rapot saya rata-rata 8.lewat jalur JPA itu kemungkinan besar masuk terlkom university tidak?

    ReplyDelete
  36. kak, kalo niali rapot saya rata-rata 8.lewat jalur JPA itu kemungkinan besar masuk terlkom university tidak?

    ReplyDelete
  37. kak asramanya adem ngga? Daerah di kampus telkomnya sendiri adem ngga??

    ReplyDelete
  38. Kak mau tanya nih kalo ga mau ikut asrama itu caranya gimana? Soalnya ada sodara. Terus itu uangnya di balikin ga?

    ReplyDelete
  39. Kak mau tanya nih kalo ga mau ikut asrama itu caranya gimana? Soalnya ada sodara. Terus itu uangnya di balikin ga?

    ReplyDelete
  40. Kak mau tanya nih kalo ga mau ikut asrama itu caranya gimana? Soalnya ada sodara. Terus itu uangnya di balikin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ntar tanya ke kantor Asrama, lokasi kantornya dekat Kantin Asrama. Kalo masalah keuangan tinggal tanya kesana bisa apa ngganya.

      Delete
  41. Dek mau nanya nih, kamu angkatan berapa ya?

    Asrama putra bukan? wih gedung 7?? Asrama kaka dulu tuh 2 tahun di asrama x'D

    Ehya sekedar ngasih tahu, Gedung Asrama putra yang kedua lantai 4 kamar 413, coba kapan2 adek atau teman2 adek berburu hanru. Hanya disarankan, karena kaka pernah sendirian tinggal disana kurang lebih sebulan terus pindah ke kamar 415. Soalnya kamar kaka sering kedatangan makhluk2 lain. x'D

    Well ya salam kenal deh. ^^

    ReplyDelete
  42. Hallo kakak senior
    Saya mau nanya,di telkom ada kah les privatnya seperti bahasa inggris dan japan kak? atau harus ke luar lingkungan telkom ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok :) cek saja infonya di http://lac.telkomuniversity.ac.id/programs/the-course/

      Delete
  43. kak mw nanya, kalo se asrama itu, jumlah orang di kamarnya ada berapa? 2 atau 3?

    ReplyDelete
  44. Kak kalo pas uas rambut berwarna dimarahin gak?

    ReplyDelete
  45. Kak aku sm temenku insya allah masuk tel u thun 2017/2018, apa bener di tel u ga da semester pendek, sm tugas numpuk terus??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semester pendek ada untuk mata kuliah tertentu, tapi namanaya semester remedial.
      Kalo masalah tugas numpuk sih saya kira semua mahasiswa di semua kampus juga merasakannya hehe...

      Delete
  46. salam,,, ka kalo mahasiswa pascasarjana boleh ga tinggal di asrama, berhubung s1nya bukan d TU dulu,,, jadi baru kali ini ngerasain di TU,,,

    ReplyDelete
  47. kak emang setiap maba akan mendapatkan laptop dari pihak tel-u?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak kok, laptop mah beli sendiri atuh hehe

      Delete
  48. Kak saya insya allah masuk tel-u soal asrama itu kalau sudah habis setahun dan masih lanjut tinggal di asrama bisa gak kak,dan di asrama ada dapur gak ya kak,kalau misal gak ada makan disana mahal tidak dan jika saya mau buka jasa gosok baju bisa gak ya kak heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya asrama diutamakan untuk mahasiswa baru, untuk mahasiswa lama tunggu slot kosong dulu.Tapi kalo mau tinggal di asrama lagi kamu daftar jadi prngurus asrama atau nama kerennya senior residence(SR) bisa tinggal di asrama gratis :)

      Delete
    2. kalo dapur hanya disediakan tempatnya saja, namun alat-alatnya seperti kompor dll. tidak disediakan.

      Delete
  49. Kk, mau nanya nih...
    Kalau anak teknik industri harus masuk asrama juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua Mahasiswa Baru semau jurusan diwajibkan untuk asrama, kecuali orang bandung atau yang punya tempat tinggal di sekitar Bandung.

      Delete
  50. Kk, kalau MaBa yang jalur beasiswa harus masuk asrama juga kk?

    ReplyDelete
  51. kak tahu gak kuota yang lolos tes JPU ? lalu syarat jadi senior residen itu apa aja?

    ReplyDelete
  52. in sya Alloh ajaran baru ini saya bergabung denga TU, apakah boleh saya membawa peralatan masak sendiri, sekedar untuk buat mie malam2 atau nasi goreng. terimakasih.

    ReplyDelete
  53. Kak, tdi saya baca2 diatas katanya di asrama ga di sediain kipas angin? Terus kamarnya gerah ga?

    ReplyDelete
  54. Kak kalo yg beasiswa kan juga bayar asrama nah kamarnya itu ditentuin atau kita bisa milih mau unit kamar yg mana?

    ReplyDelete
  55. selamat malam dek, anak sy kan diterima d Tel-U nah dia d ksh tau tmn2nya ktnya nanti ospek akan d botak dan ad pendidikan ketahanan smcm di IPDN, apakah itu benar dek? Mohon informasinya ya dek. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam bu :), setiap kampus pasti ada ospek bu, termasuk di Tel-U . namun klo di Tel-U istilahnya pengenalan kehidupan kampus, didalamnya diisi banyak kegiatan mulai dari kerohanian seperti sholat subuh berjamaah dan ceramah subuh bagi muslim, seminar, kuliah umum, dan bela negara. Nah mungkin yg dimaksud pendidikan ketahanan itu adalah pada kegiatan bela negara. Namun tidak seperti di IPDN bu, pada kegiatan bela negara hanya diisi kegiatan oleh TNI seperti baris-berbaris, game, dan ada kuliah umum tentang bela negara, dan itu seru kok bu. dan bermanfaat sekali untuk mhs baru.

      Kalau masalah kerapihan seperti rambut, mamang untuk menyeragamkan dan membedakan mahasiswa yg baru, diwajibkan untuk cepak bagi laki2. sekian. tks

      Delete
  56. Numpang nanya kang klo untuk tes tulis itu berapa gelombang? soalnya di web nya kurang jelas
    Terima kasih

    ReplyDelete
  57. Kak maaf mau tanya sebenarnya bukan seputar asrama. Kalau yang mahasiswi harus pakai rok atau boleh pakai celana? Terus kalau misalnya pakai kemeja putih polos, luarannya kaya overall gitu terus berjilbab boleh nggak? Jadi kemejanya cuma kelihatan lengannua aja hehe. Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas kok, boleh pakai apa aja. yg penting rapih dan sopan :)

      Delete
  58. Kak , kalo masalah kamar mandi gimana ya?
    Satu perkamar atau satu perlantai? Makasih

    ReplyDelete
  59. Duhh dag dig dug ini mau jadi MABA 😂😂

    ReplyDelete
  60. Duhh dag dig dug ini mau jadi MABA 😂😂

    ReplyDelete
  61. Aslm dik mau tanya kl untuk makan bg penghuni asrama apa hrs ke kantin atau ada jasa catering yg bs diantar?

    ReplyDelete
  62. Aslm dik mau tanya kl untuk makan bg penghuni asrama apa hrs ke kantin atau ada jasa catering yg bs diantar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk makan sehari2 tidak disediakan, penghuni asrama bisa ke kantin atau tempat makan lainnya di sekitar kampus yg beraneka ragam. jasa catering juga ada. banyak juga rumah makan yg menyediakan jasa delivery ke asrama/kostan

      Delete
  63. OMEGA BOLA
    BBM: 2C099645
    WHAT'S APP: +855977588707

    ReplyDelete
  64. OMEGA BOLA
    BBM: 2C099645
    WHAT'S APP: +855977588707

    ReplyDelete
  65. Kak mau nanya , dlu waktu masuk Telkom lewat jalur apa ? Terus klo mau lewat JPA brp rata" nilai raport yg harus didapat ? Makasih

    ReplyDelete
  66. Kak mau numpang tanya... kalau untuk hotel atau penginapan buat ortu yang dekat kampus Telkom Universitu apa ya?

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. mau Tanya, kalo bawa microwave boleh ngga di asrama?boleh di simpan di kamar atau di dapur? daya listrik per kamar berapa Watt? biaya listrik di tanggung per kamar

    ReplyDelete
  69. Dek mau tanya....kebersihan kamar asrama dan kamar mandinya yg bersihin ada petugas atau penghuninya yg bersih2. ?

    Kalo MaBa bawa mobil ada sewa parkir setahun atau gratis ? Kalo keluarga dtg mengunjungi dibatasi gak berapa org yg boleh dtg ?

    Pernah ada anak kembar gak yg kuliah disana dg 1 kamar ? Bisa nego biaya asrama untuk anak kembar krn 1 kamar ?




    ReplyDelete
  70. sekarang sudah ada lo di surabaya

    www.ittelkom-sby.ac.id

    ReplyDelete
  71. Bang mau nanya .. apakah daerah tel-u sensitif soal SARA? Saya sangat khawatir soalnya bukan beragama muslim dan suku chinese

    ReplyDelete